banner

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA,SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 03 Februari 2011

TIPS AGAR APLIKASI/DATA PENTING ,TERUTAMA APLIKASI KEUANGAN PEMERINTAH DI HARDISK AMAN


Ini berdasarkan berbagai pengalaman pribadi ane yang di kantor banyak banyak pekerjaan yang menggunakan aplikasi terutama di keuangan pemerintah, pengalamaan terakhir ini benar-benar membuat ane pusing 70 keliling gara-gara kurang peduli/terlalu anggap remeh masalah pengamanan aplikasi/data penting, walau akhirnya bias juga teratasi. Berikut tips dari ane agar nasib yang sama tidak ikut menimpa agan sekalian :

1.Mumpung aplikasi/master aplikasinya masih sehat alias belum terkontaminasi virus-virus jahannam, maka segeralah dibackup ditempat yang aman seperti flasdisk yang ‘bersih’ atau di ‘bakar’ ke dalam cd/dvd sebanyak mungkin bila perlu.

2.Setiap ada perubahan seperti update,penambahan data entry,ganti versi,dll segera simpan/backup data itu ke media lain seperti yang disebutkan di atas tadi, jangan ditunda-tunda alias lebih cepat lebih baik kata pak JK,he,he

3.Scan terus setiap data dari media lain seperti flasdisk yang mau masuk dalam aplikasi/komputer dan jangan sekali-kali memaksakan memasukan file yang terkontaminasi virus dalam aplikasi.

4.Update terus program anti virus di PC/laptop/netbook dengan versi terbaru agar virus-virus terbarupun tetap bisa disikat sampe KO ama tuh anti virus.

5.Jangan terlalu banyak memasukan aplikasi keuangan dalam satu komputer , apalagi banyak masukan games,he,he, karena sering menimbulkan error dalam membaca data basenya, hal ini bisa jadi karena pengaruh dari program bahasa program yang tumpang tindih antar apilkasi.

6.Jangan banyak ‘tangan’ alias tuh PC/laptop/netbook jangan terlalu diobral yang pakenya, diberi pengamanan password misalnya agar hanya orang-orang yang berkompeten aja yang menggunakannya.

Oke gan, mungkin itu aja tuk sementara yang ane bisa sampaikan tentang masalah ini. Kalau ada tambahan/perbaikan silakan sampaikan dikomentar. Mohon maaf kalau ada kekurangan,moga bermanfaat…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar